Belajar AutoCAD untuk pemula : Menguasai tool Erase untuk menghapus

AutoCAD adalah perangkat lunak desain berbantuan komputer (Computer Aided Design) yang paling populer serta telah ada selama beberapa dekade terakhir. AutoCAD banyak digunakan oleh arsitek, insinyur, dan desainer untuk membuat gambar kerja dengan tingkat akurasi tinggi. Alat bantu penting didalam AutoCAD adalah alat untuk menghapus yang dinamakan Perintah Erase. Pada artikel ini kita akan mengeksplorasi perintah Erase  diAutoCAD agar dapat menggunakannya secara efektif.

Tool Erase di AutoCAD digunakan untuk menghapus garis, busur, lingkaran, atau objek lain yang tidak diinginkan dari sebuah gambar. Ini mirip dengan alat hapus di aplikasi perangkat lunak lainnya, tetapi memiliki beberapa fitur unik yang membuatnya lebih kuat dan berguna. Salah satu keuntungan paling signifikan adalah memungkinkan Anda untuk menghapus objek atau bagian objek secara selektif. Ini berarti Anda dapat menghapus garis atau bentuk tertentu tanpa mempengaruhi garis/gambar lain yang tidak terpilih (terseleksi).

Tool Erase dapat diakses dengan beberapa cara. Cara yang paling umum adalah dengan menggunakan baris perintah (Command Bar). Anda dapat mengetik "erase" atau "E" kemudian tekan enter, lalu pilih objek yang ingin Anda hapus. Cara lain untuk mengakses alat hapus adalah dengan menggunakan tab. Tool Erase terletak di panel modify pada tab Home. Sebenarnya kita dapat melakukan penghapusan obyek atau gambar bisa dengan memilih gambar tersebut dan tekan tombol delete yang ada pada keyboard. 

Salah satu fitur unik Tool Erase di AutoCAD adalah fungsi untuk membatalkan tindakan Anda. Jika Anda secara tidak sengaja menghapus sesuatu yang tidak Anda inginkan, Anda dapat menggunakan perintah undo untuk memulihkannya kembali.

untuk lebih jelasnya dapat dilihat video berikut:




Yuk komentar dan kita diskusi bersama
Terimakasih

Komentar