Koordinat Pada AutoCAD


Koordinat Pada AutoCAD

Sebelum kita memulai menggambar menggunakan aplikasi Autocad. Sebaiknya kita mengenal dulu dan memahami tentang beberapa koordinat yang ada di dalam Autocad. Hal ini diperlukan karena Autocad menggunakan alogaritma kordinat pada programnya.  Sistem koordinat pada Autocad itu sendiri digunakan untuk membuat garis ataupun untuk menentukan posisi sebuah titik pada saat kita ingin menggambar.

Koordinat sendiri dalam KBBI artinya bilangan yang dipakai untuk menunjukkan lokasi suatu titik dalam garis, permukaan, atau ruang. Untuk mendefinisikan koordinat diperlukan dua garis berarah yang tegak lurus satu sama lain (sumbu x dan sumbu y), dan panjang unit, yang dibuat tanda-tanda pada kedua sumbu tersebut (Gambar 1).


Gambar 1
Sumber : https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/0/0e/Cartesian-coordinate-system.svg

Secara umum apa bila kita membuka Autocad ketika ingin memulai menggambar, kita akan di hadapkan pada area kerja dengan sumbu X dan sumbu Y. Dimana yang ditampikan hanya sumbu X dengan nilai positif yang mengarah ke kanan dan sumbu Y positif yang mengarah keatas. Pada tampilan ini biasa digunakan pengguna untuk menggambar 2D. Selain sumbu X dan Sumbu Y adapula sumbu Z pada autocad, yang mana sumbu ini akan muncul ketika tampilan isometrik dipilih. Sumbu X, sumbu Y dan sumbu Z biasa digunakan untuk menggambar 3D dimana sumbu Z merupakan tinggi / ketebalan sebuah objek yang digambar. Pada Autocad dikenal juga dengan istilah WCS dan UCS, dimana kedua nya sangat erat kaitannya dengan koordinat X,Y, dan Z.

WCS (World Coordinate System)

WCS (World Coordinate System) merupakan sistem koordinat yang pada umumnya tersetting secara default pada Autocad (Gambar 2). Biasanya titik awal atau titik pusat dari WCS ini berada pada titik 0,0 jika menggunakan sumbu X dan Y. Itu artinya titik awal WCS sendiri tidak dapat diubah sehingga koordinat ini adalah kordinat statis. Tidak sedikit para pengguna Autocad merasa kesulitan jika harus menggambar menggunakan koordinat dari WCS ini karena dengan menggunakan koordinat ini tentunya para pengguna harus paham betul letak titik dari garis atau pun objek yang akan dibuat dengan koordinat absolutnya. Dalam kata lain proses menggambar atau membuat objek dengan menggunakan koordinat ini harus selalu dihitung dari titik awal (titik 0,0 jika menggunakan sumbu X dan Y).
Gambar 2
Sumber : 
https://diskusibersamayuk.blogspot.com/


UCS (User Coordinate System)

UCS (User Coordinate System) merupakan sistem koordinat yang digunakan oleh user (pengguna) Autocad. Sistem koordinat UCS ini juga dibuat untuk memudahkan pengguna dalam menggambar, dimana pada koordinat ini titik 0,0 (jika menggunakan sumbu X dan Y) dapat dipindah tempatkan sesuai keinginan pengguna. Tidak hanya titik 0,0 saja, pengguna juga dapat mengatur sudut kemiringan dan juga arah dari koordinat tersebut. Biasanya para pengguna akan mengatur UCS ini sesuai dengan arah gambar yang sedang dibuat, misalnya membuat sisi bidang miring, maka UCS akan diatur sesuai dengan gambar tersebut. sebagai contoh kita lihat gambar 2D berikut (Gambar 3)

Gambar 3
Sumber : 
https://diskusibersamayuk.blogspot.com/
Pada gambar diatas koordinat masih tersetting secara WCS. Selanjutnya jika kita ingin memindahkan UCS ke ujung garis, kita ketik UCS kemudian tekan enter (Gambar 4).

Gambar 4
Sumber : 
https://diskusibersamayuk.blogspot.com/
  1. Lalu kita tentukan titik awal atau titik 0 pada koordinat baru (titik 1) (Gambar 5).
  2. Kemudian kita akan diperintahkan memilih titik kedua (sumbu X) klik titik ke 2 (Gambar 5).
  3. Setelah itu kita akan diperintahkan memilih titik ketiga (sumbu Y) klik titik ke 3 (Gambar 5).
  4. Kemudian lihat hasilnya (Gambar 6).
Gambar 5
Sumber : 
https://diskusibersamayuk.blogspot.com/
Gambar 6
Sumber : 
https://diskusibersamayuk.blogspot.com/

Untuk lebih lengkapnya kita bisa melihat video berikut :

Yuk komentar dan kita diskusi bersama mengenai materi ini
Terimakasih


Komentar